Sabtu, 02 Maret 2013

karya tulis monumen pancasila


MONUMEN PANCASILA SAKTI
SEBAGAI WISATA PENDIDIKAN

KARYA TULIS
Karya Tulis ini disusun sebagai salah satu komponen ujian praktik
Bahasa indonesia di SMP Negeri 1 Tanggungharjo
Tahun pelajaran 2011/2012








Disusun oleh:

Nama                   : SUCI RELA HATI
NIS                       : 5516
Kelas                    : IX B

PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO
2012
MONUMEN PANCASILA SAKTI
SEBAGAI WISATA PENDIDIKAN

KARYA TULIS
Karya Tulis ini disusun sebagai salah satu komponen ujian praktik
Bahasa indonesia di SMP Negeri 1 Tanggungharjo
Tahun pelajaran 2011/2012








Disusun oleh:

Nama                   : SUCI RELA HATI
NIS                       : 5516
Kelas                    : IX B
                                                                                                                

PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO
2012
PERSETUJUAN PEMBIMBING

Karya tulis ini telah disetujui olehbpembimbing pada:
Hari                        :
Tanggal                 :












Mengetahui                                                                                                                    Tanggungharjo,
Kepala SMP NEGERI 1 TANGGUNGHARJO                                                            Pembimbing








MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO
                “Sesungguhnya tuhan (mengampuni) orang-orang yang mengerjakan kesalahan karna kebodohannya, kemudian mereka bertaubat sesudah itu, lalu memperbaiki (dirinya). Sesungguhnya Tuhan-Mu sesudah itu benar-benar maha pengasih lagi Maha penyayang.”
(Q.S.An-Nabi 119)
                “Tiada satu bencana yang menimpa di bumi ini dan pada dirimu sendiri, melainkan dia tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya.”









                                                                                                                PERSEMBAHAN:
                                                                                                                Karya tulis ini di persembahkan untuk

-          Orang tuaku
-          Guruku dan,
-          Teman-temanku





KATA PENGANTAR

                Puji syukur kami panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,karena atas limpahan rahmat-Nya dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan karya tulis ini. Karya tulis ini dapat terselesaikan berkat bantuan berbagai pihak. Oleh karena itu kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang setulus-tulus nya kepada bapak yang telah membimbing, mengarahkan dan mencurahkan perhatiannya dalam penyusunan karya tulis ini.
             Ungkapan terimakasih juga kami sampaikan kepada pihak-pihak telah berpartisipasi memberikan dukungan dan bantuan dalam penyusunan karya tulis ini.
Yaitu:
1.       H. Sugiyamto, SH, M.M, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan yang telah memberikan izin widya wisata.
2.       Drs. Sugijono, M.Pd, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Tanggungharjo yang telah memberikan berbagai motivasi.
3.       Guru – guru SMP Negeri 1 Tanggungharjo yang telah membekali berbagai ilmu.


Semoga karya tulis  ini bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan  wawasan tentang sejarah nasional Indonesia.





                                                                                                                                                                Penulis








DAFTAR ISI

PERSETUJUAN PEMBIMBING................................................................................................I
MOTTO DAN PERSEMBAHAN ...............................................................................................II
KATA PENGANTAR...............................................................................................................III
DAFTAR ISI..........................................................................................................................IV
BAB I PENDAHULUAN ..........................................................................................................
                A.Latar belakang Masalah.........................................................................................1
                B.Rumusan Masalah ................................................................................................2
                C.Tujuan Masalah....................................................................................................2
                D.Manfaat Pembahasan Masalah .............................................................................2
                E.Metode Pengumpulan Data...................................................................................2
                F.Sistematika Penulisan ...........................................................................................3
BAB II SEJARAH BERDIRINYA MONUMEN PANCASILA SAKTI
A.      Sejarah Berdirinya Monumen Pancasila Sakti.......................................................4
B.      Letak Monumen Pancasila Sakti ........................................................................5
C.      Tata Ruang Monumen Pancasila Sakti................................................................6
BAB III PERANAN MONUMEN PANCASILA SAKTI DALAM PENDIDIKAN
A.      Monumen Pancasila Sakti sebagai Kebangsaan Nasional.....................................7
B.      Monumen Pancasila Sakti sebagai Sumber Belajar..............................................7
C.      Monumen Pancasila Sakti sebagai Karya Seni.....................................................7
D.      Monumen Pancasila Sakti sebagai Sarana Rekreasi.............................................7
BAB IV PENUTUP
                A.Simpulan .........................................................................................................8
                B. Saran..............................................................................................................8
LAMPIRAN......................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Peningkatan sumber daya manusia dalam proses pembangunan merupakan kebutuhan yang mendesak. Hal ini didasarkan oleh adanya tantangan perkembangan IPTEK yang telah membawa perubahan pada seluruh sendi kehidupan.kondisi persaingan tak terelakan lagi. Indonesia sebagai negara yang hidup ditengah-tengah kehidupan-kehidupan berbangsa dan bernegara pun harus terjun dalam kancah persaingan.Agar mampu berperan dalam persaingan global,bagsa indonesia perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara terarah, intensif, dan terencana mulalui pendidikan.
                Sekolah sebagai wahana pendidikan merupakan faktor strategis yang harus mendapatkan perhatian berbagai pihak. Tak heran jika hampir semua negara berkembang memprioritaskan progam peningkatan mutu pendidikan pada semua jenjang sekolah.
                Selaras dengan itu,indonesia dengan memberlakukan UU No. 20 / 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan agar sistem pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan  kehidupan lokal,nasional,dan global.
                Untuk menghadapi tantangan tersebut,SMP N 1 Tangggungharjo telah berusaha melakukan suatu kegiatan untuk menunjang mutu pendidikan. Kegiatan yang dimaksud,salah satunya adalah mengadakan Widya Wisata. Sebagai generasi muda yang akan menjadi calon pemimpin bangsa, maka pelajar perlu pengetahuan dan wawasan yang luas.Peningkatan pengetahuan dan wawasan selain bisa didapatkan di bangku sekolah juga dapat diperoleh dengan cara melakukan pengamatan secara langsung.
                Misalnya saja dengan melakukan wisata pendidikanyang berhubungan dengan sejarah dan budaya. Salah satu obyek wisata pendidikan yang dapat dikunjungi untuk menambah wawasan dan pengetahuan siswa adalah MONUMEN PANCASILA SAKTI. Widya wisata ke Monumen Pancasila Sakti, selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa juga dapat menumbuhkan jiwa Nasionalisme pada diri siswa.



B.Rumusan Masalah
                Berdasarkan latar belakang diatas, permasalahan yang dapat saya rumusan sebagai berikut :
1.       Bagaimanakah sejarah berdirinya dan bentuk fisik Monumen Pancasila Sakti ?
2.       Bagaimanakah gambaran perjalanan Sejarah Nasional dalam diorama yang dipamerkan di Monumen Pancasla Sakti ?
3.       Bagaimanakah peranan Monumen PancaSila Sakti dalam dunia pendidkan ?

C.Tujuan Pembahasan Masalah
                Berdasarkan latar belakang rumusan masalah, tujuan pembahasan masalah dalam karya tulis ini adalah sebagai berikut :
1.Mendiskripkan sejarah berdirinya Momumen Pancasila Sakti.
2. Mendiskripsikan perjalanan sejarah Nasional dalam diorama yang dipamerkan dalam       Monumen    Pancasila Sakti.
3.Memaparkan peranan Monumen Pancasila Sakti dalam dunia pendidikan.
D. Manfaat Pembahasan Masalah
                Adapun manfaat pembahasan masalah dalam karya tulis ini adalah sebagai berikut :
1.       Bagi Pelajar, karya tulis ini bermanfaat untuk melengkapi pelajaran yang dterima.
2.       Bagi Guru,karya tulis ini bermanfaat untuk bahan ajaran dalam pembelajaran.
3.       Bagi sekolah, karya tulis ini bermanfaat untuk persyaratan dalam mengikuti ujian
4.       Bagi Pemerintah, karya tulis ini bermanfaat untuk generasi muda yang cerdas dan bertanggung jawab.
5.       Bagi Penbaca, karya tulis ini bermanfaat untuk ide belajar.




E. Metode Pengumpulan Data
Data yang tersaji dalam karya tulis ini di kumpulkan dengan beberapa metode,
Yaitu:
1.       Metode observasi / pengamanatan
Metode ini di gunakan untuk memperoleh informasi tentang ilmu pengetahuan.
2.       Metode partisipasi dan tanggung jawab.
Metode ini digunakan saat pemandu wisata memberikan ceramah tentang Monumen Pancasila Sakti dan Sejarah Nasional dalam diorama.
3.       Metode Dokumen dan Studi Pustaka
Metode ini digunakan untuk memperoleh informasi tentang hal Monumen Pancasila Sakti dan sejarah.
E.                   Sistematika Karya Tulis
Karya tulis ini menggunakan sistemmatika sebagai berikut :
Bab I                   Pendahuluan
A.      Latar Belakang Masalah
B.      Rumusan Masalah
C.      Tujuan penelitian
D.      Manfaat Penelitian
E.       Metode Pengumpulan Masalah
F.       Sistematika Penulis
Bab II                     Sejarah Berdirinya dan Bentuk Fisik Monumen Pancasila Sakti
A.      Sejarang Berdirinya Monumen Pancasila Sakti
B.      Bentuk Fisik Monumen Pancasila Sakti
C.      Tata Ruang Monumen Pancasila Sakti
Bab III                   Peranan Monumen Pancasila Sakti Dalam Dunia Pendidikan
A.      Monumen Pancasila Sakti Sebagai Lambang Kebanggaan
B.      Monumen Pancasila Sakti Sebagai Sumber Belajar
C.      Monumen Pancasila Sakti Sebagai Karya seni
D.      Monumen Pancasila Sakti Sebagai Sarana Rekreasi
Bab IV                   Penutup
A.      Simpulan
B.      Saran























BAB II
SEJARAH BERDIRINYA
MONUMEN PANCASILA SAKTI LUBANGG BUAYA
A.      Sejarah Berdirinya Monumen Pancasila Sakti
Para Kader PKI melakukan berbagai cara baik legal maupun ilegal untuk mencapai citi-cita mereka, yaitu masyarakat indonesia yang komunis, cara ilegal dilakukan dengan mengadakan pemberontakan-pemberontan teror pembunuhan-pembunuhan yang menelan banyak korban bangsa sendiri, cara legal pun dilakukan dengan menguasai Komite Nasional Indonesia (KNI) baik dipusat maupun daerah untuk menguasai parlemen melalui organisasi politik dan organisasi massa. Pemberontakan PKI bertujuan untuk menggatikan dasar negara pancasila dengan komunis yang bertentangan dengan pancasila. Pemberontakan pertama dilakukan pada tanggal 18 September 1948 di madiun. Setelah gagal PKI melancarkan pemberontakan kedua pada tanggal 30 Oktober 1965 yang dikenal nama “Gerakan Tiga Puluh Septeber” (G.30.S/PKI).
Langkah-langkah mereka menculik dan membunuh beberapa orang perwira TNI-AD yang dianggap sebagai lawan politik. Dari para pemberontak-pemberontak PKI 1948 dan 1965 itu, maka kata sepakat bahwa komunis merupakan bahaya yang perlu kita waspadai. Demi kewaspadaan itulah kemudian dibangun Monumen Pancasila Sakti dan Museum Pengkhianatan PKI (komunis) yang menyajikan kegiatan makar dan pengkhianatan PKI sejak tahun 1945 serta punumpasannya oleh rakyat indonesia bersama ABRI. Dengan Monumen Pancasila Sakti dan Monumen Pengkhianatan PKI (komunis) diharapkan kewaspadaan terhadap bahaya komunis lebih meningkat.
Monumen Pancasila Sakti dibangun pada tahun 1967. Sedangkan penyelesaiannya pembangunan dan peresmiannya pada tahun 1972, tujuan dan hakekat Spiritual pembangunan monumen Pancasila sakti sebagai berikut:
1.       Untuk mengenang Jasa para pahlawan yang gugur dalam membela Negara Bangsa dan Pancasula sampai titik darah penghbisan.
2.       Membina semangat kebangsaan dikalangan Prajurit TNI.
3.       Monumen Peringatan bagi Perjuangan Nasional.
4.       Cermin Perjuangan bangsa Indonesia kepada dunia Internasional.


Berdasarkan tujuan tersebut tanggal 1 Oktober dijadikan dan ditetapkan serta dilaksanakan Upacara Hari Kesatria atau mengeang Tagedi Nasional akibat penghianatan terhadap Pancasila.
B.      Monumen Pancasila Sakti
Monumen Pancasila Sakti dibangun diareal tanah seluas ± 14 Ha, terletak didesa Lubang buaya kecamatan Cipayung, Jakarta timur. Lokasi Monumen Pancasila Sakti berbatasan sebelah selatan dengan markas TNI besar Cilacap, sebelah utara Lanuma Halim perdana Kusuma, sebelah timur pasar pondok gede, dan sebelah barat TMII/ Asmara Haji pondok gede. Monumen Pancasila Sakti bentuk fisiknya sangat bagus dan kuat walau bangunannya sudah lama sekali, karena waktu bembuat bangunan itu para pahlawan membuatnya dengan sekuat tenaga dan susah payah untuk dijadikan sebagai benteng pertahanan dan sampai sekarang ini masih dipertahankan sebagai tempat wisata agar semua rakyat Indonesia tahu bagaimana bentuk fisik Monumen Pancasila Sakti pada waktu pemberontakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar