Sabtu, 31 Agustus 2013

PAUD

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini | Paud Indonesia

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini | Paud Indonesia merupakan elemen yang penting untuk menciptakan sumber daya berkualitas, cerdas, cekatan, damai, demokratis dan mampu bersaing dan dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh warga Negara Indonesia dengan sumber daya yang bermutu. diharapkan dapat menghadapi berbagai perubahan dan tantangan globalisasi yang sedang dan akan terjadi. karena itu program pendidikan perlu untuk mendapatkan perhatian dari berbagai elemen. Sebagaimana terlampir dalam Undang – undang No. 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional pasal 28 ayat 2 dan 3 Pendidikan Anak Usia Dini dapat di selenggarakan melalui jalur pendidikan Formal, Non Formal, dan Informal,...

Dan dikhususkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini yang dilaksanakan pada jalur Formal sudah terbentuk kelompok bermain. Implementasi dari Undang – undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional di jabarkan kedalam peraturan pemerintah No. 27 tahun 1990, tentang Pendidikan Prasekolah yang menyatakan bahwa Pendidikan Prasekolah adalah pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan Jasmani dan Rohani dari anak didik di luar lingkungan keluarga anak. Sebelum anak - anak usia dini masuk pada Pendidikan dasar yang pelaksanaannya di selenggarakan pada jalur pendidikan sekolah atau Pendidikan Anak Usia Dini ( Jalur Formal ),...

Pada usia dini sangatlah penting bagi anak – anak mendapatkan pendidikan yang tepat guna untuk hidupnya baik di masa kanak – kanak maupun setelah dewasa. Hal ini selaras dengan bunyi pasal 28 ayat 1 Undang – undang dasar 1945, bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan manfaat IPTEK, Seni Budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan kesejahteraan masyarakat. Dengan tetap memperhatikan prinsip – prinsip dasar dari Pendidikan Anak Usia Dini, berikut 10 prinsip Pendidikan Anak Usia Dini :
  1. Semua agama, golongan dan suku
  2. Berorentasi pada kebutuhan dan minat anak
  3. Kegiatan pembelajaran melalui kegiatan bermain seraya belajar
  4. Merangsang munculnya Kreatifitas dan Inovasi
  5. Menyediakan lingkungan bermain yang mendukung kegiatan belajar
  6. Mengembangkan kecakapan hidup
  7. Mengembangkan berbagai sumber dan media pembelajaran
  8. Dilaksanakan secara bertahap, berulang dan berkesinambungan
  9. Rangsangan pada semua aspek perkembangan
  10. Metode bermain Sambil belajar membiasakan diri
Aspek Perkembangan adalah segi atau pusat yang menjadikan titik tekan pembiasaan dan pembinaan ketrampilan. Ada beberpa aspek perkembangan yang harus terpenuhi dalam melakukan pembinaan kepada anak yaitu :
  1. Pengembangan Nilai Agama
  2. Pengembangan Fisik Motorik
  3. Pengembangan Bahasa
  4. Pengembangan Sosial Emosional
  5. Pengembangan Seni
  6. Pengembangan Kognitif
  7. Pengembangan Kecakapan Hidup
Posting artikel kali ini tentang Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini | Paud Indonesia semoga bisa memberikan tambahan wawasan dan sisi positif bagi buah hati sobat karena pentingnya membiasakan diri anak usia dini, dan jangan lupa sobat tambahkan jaringan teman sobat di Kolom Blog GRATIS,...


Sumber : http://kolombloggratis.blogspot.com/2013/03/lembaga-pendidikan-anak-usia-dini-paud.html#ixzz2dYrvgMaH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar