Rabu, 13 Februari 2013

PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI SETIAWS SEMARANG


FORMULIR PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM WALISEMBILAN
SEMARANG
NAMA
FAUZAN ZADA
NIM
10XXXXX
PRODI/JUR
TARBIYAH/PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

JUDUL SKRIPSI :
PENGARUH AKHLAKUL KARIMAH GURU DALAM MATA PELAJARAN AKHIDAH AKHLAK

ALASAN PEMILIHAN JUDUL:
Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Sedangkan menurut Wikipedia 1993:119 tujuan disiplin sekolah adalah untuk menciptakan keamanan dan lingkungan belajar yang nyaman terutama di kelas.
Di dalam kelas, jika seorang guru tidak mampu menerapkan disiplin dengan baik maka siswa mungkin menjadi kurang termotivasi dan memperoleh penekanan tertentu, dan suasana belajar menjadi kurang kondusif untuk mencapai prestasi belajar siswa. Sebutan orang yang memiliki disiplin biasanya tertuju kepada orang yang selalu hadir tepat waktu, taat terhadap aturan, berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dan sejenisnya. Sebaliknya, sebutan orang yang kurang disiplin biasanya ditujukan kepada orang yang kurang atau tidak dapat menaati peraturan dan ketentuan berlaku, baik yang bersumber dari masyarakat, pemerintah atau peraturan yang ditetapkan oleh suatu lembaga tertentu, misalnya sekolah. Maman Rachman (1999:83) mengemukakan bahwa tujuan disiplin sekolah adalah :
  1. Memberi dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang.
  2. Mendorong siswa melakukan yang baik dan benar.
  3. Membantu siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya dan menjauhi melakukan hal-hal yang dilarang oleh sekolah.
Siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan bermanfaat baginya serta lingkungannya.
Membicarakan disiplin siswa, tidak terlepas dari persoalan prilaku negatif pada diri siswa, yang akhir-akhir ini semakin memprihatinkan. Berbagai tindak negatif dilakukan para pelajar di sekolah dari nyontek, bolos, memeras, sampai pelanggaran diluar sekolah seperti buat geng, berkelahi atau tawuran penyalahgunaan narkoba, sex bebas, mencuri sampai pada pelanggaran-pelanggaran yang lebih membahayakan merugikan diri sendiri dan orang lain.
Perilaku siswa terbentuk dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor lingkungan, keluarga dan sekolah. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekolah merupakan salah satu faktor dominan dalam membentuk dan mempengaruhi perilaku siswa.
Di sekolah seorang siswa berinteraksi dengan para guru yang mendidik dan mengajarnya. Sikap, teladan, perbuatan dan perkataan para guru yang dilihat dan didengar serta dianggap baik oleh siswa dapat meresap masuk begitu dalam ke dalam hati sanubarinya dan dampaknya kadang-kadang melebihi pengaruh dari orang tuanya di rumah. Sikap dan perilaku yang ditampilkan guru tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari upaya pendisiplinan siswa di sekolah. Semua bentuk ketidak disiplinan siswa di sekolah tentunya memerlukan upaya penanggulangan dan pencegahan.


Sebagai alasan penulis mengambil judul diatas adalah:
1.      Akhidah akhlak merupakan pelajaran yang membangun karakter siswa untuk menjadi manusia yang baik dan berakhlak budiman.
2.      Dengan pelajaran akhidah akhlak seharusnya mampu mencetak siswa dengan kediplinan tinggi
3.      Perlunya siswa disiplin di sekolah maupun di luar sekolah.
4.      Dengan pelajaran akhidah akhlak guru dapat menanamkan rasa disiplin yang baik kepada siswa.

RUMUSAN MASALAH:
Permasalahan yang hendak diangkat dalam skripsi ini adalah:
1.      Bagaimanakah nilai Akhidah akhlak siswa kelas V MI BAHRUL ULUM Temuroso Guntur  Demak pada tahun pelajaran 2012/2013?
2.      Seberapa besar hubungan nilai akhidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa kelas V MI BAHRUL ULUM Temuroso Guntur  Demak pada tahun pelajaran 2012/2013?
3.      Apakah dengan nilai akhidah akhlak yang tinggi juga diikuti dengan kedisiplinan yangn tinggi pula pada siswa kelas V di  MI BAHRUL ULUM Temuroso Guntur  Demak pada tahun pelajaran 2012/2013?

RANCANGAN SISTEMATIKA PEMBAHASAN SKRIPSI
BAB I  : PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang Masalah
  2. Penegasan Istilah
  3. Perumusan Masalah
  4. Tujuan dan Manfaat Penelitian
  5. Kajian Pustaka
1.      Kajian Pustaka
2.      Kajian Teori
  1. Metodologi Penelitian
1.      Fokus Penelitian
2.      Pendekatan penelitian
3.      Metode Pengumpulan Data
4.      Tekhnik Analisis Data
  1. Sistematika Penulisan Skripsi

BAB II : AKHIDAH AKHLAK DAN KEDISIPLINAN
  1. Akhidah Akhlak
1.      Pengertian Akhidah akhlak
2.      Tujuan belajar Akhidah akhlak
3.      Sasaran pelajaran  akhidah akhlak
  1. Kedisiplinan
1.      Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa
2.      Jenis-jenis kedisiplinan
3.      Hubungan antara akhidah akhlak dengan kediplinan

BAB III: HUBUNGAN AKHIDAH AKHLAK TERHADAP KEDISIPLINAN
  1. Orientasi Akhidah akhlak
1.      Akhidah akhlak mencetak siswa disiplin
2.      Disiplin mencerminkan akhlak yang terpuji
  1. Hubungan nilai akhidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa
  2. Peningakatan kedisiplinan siswa

BAB IV: ANALISIS TENTANG AKHIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA
  1. Gambaran Umum MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak
1.      Sejarah berdirinya  MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak
2.      Letak Geografis  MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak
3.      Staf dan guru di  MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak
4.      Sarana dan Prasarana  MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak
  1. Kesidiplinan siswa  di  MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak
  2. Peningkatan kedisiplinan siswa di  MI Bahrul Ulum Temuroso Guntur Demak

BAB V : KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran-saran
C.     Penutup

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

Semarang     November 2012
                                                                                       Hormat Saya
Mengetahui,
Bina Skripsi
                                                                                 FAUZAN ZADA
                                                                                  NIM 10XXX
…………….     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar