FORMULIR
PENGAJUAN JUDUL SKRIPSI
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM WALISEMBILAN
SEMARANG
NAMA
|
FAUZAN ZADA
|
NIM
|
10XXXXX
|
PRODI/JUR
|
TARBIYAH/PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
|
JUDUL SKRIPSI :
PENGARUH AKHLAKUL KARIMAH GURU DALAM MATA PELAJARAN AKHIDAH
AKHLAK
|
|
ALASAN PEMILIHAN JUDUL:
Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui
proses dan serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan,
kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Sedangkan menurut
Wikipedia 1993:119 tujuan disiplin sekolah adalah untuk menciptakan keamanan
dan lingkungan belajar yang nyaman terutama di kelas.
Di dalam kelas, jika seorang guru tidak mampu menerapkan
disiplin dengan baik maka siswa mungkin menjadi kurang termotivasi dan
memperoleh penekanan tertentu, dan suasana belajar menjadi kurang kondusif
untuk mencapai prestasi belajar siswa. Sebutan orang yang memiliki disiplin
biasanya tertuju kepada orang yang selalu hadir tepat waktu, taat terhadap
aturan, berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku, dan sejenisnya.
Sebaliknya, sebutan orang yang kurang disiplin biasanya ditujukan kepada
orang yang kurang atau tidak dapat menaati peraturan dan ketentuan berlaku,
baik yang bersumber dari masyarakat, pemerintah atau peraturan yang
ditetapkan oleh suatu lembaga tertentu, misalnya sekolah. Maman Rachman
(1999:83) mengemukakan bahwa tujuan disiplin sekolah adalah :
Siswa belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik
dan bermanfaat baginya serta lingkungannya.
Membicarakan disiplin siswa, tidak terlepas dari persoalan
prilaku negatif pada diri siswa, yang akhir-akhir ini semakin memprihatinkan.
Berbagai tindak negatif dilakukan para pelajar di sekolah dari nyontek,
bolos, memeras, sampai pelanggaran diluar sekolah seperti buat geng,
berkelahi atau tawuran penyalahgunaan narkoba, sex bebas, mencuri sampai pada
pelanggaran-pelanggaran yang lebih membahayakan merugikan diri sendiri dan
orang lain.
Perilaku siswa terbentuk dan dipengaruhi oleh berbagai
faktor, antara lain faktor lingkungan, keluarga dan sekolah. Tidak dapat
dipungkiri bahwa sekolah merupakan salah satu faktor dominan dalam membentuk
dan mempengaruhi perilaku siswa.
Di sekolah seorang siswa berinteraksi dengan para guru yang mendidik dan mengajarnya. Sikap, teladan, perbuatan dan perkataan para guru yang dilihat dan didengar serta dianggap baik oleh siswa dapat meresap masuk begitu dalam ke dalam hati sanubarinya dan dampaknya kadang-kadang melebihi pengaruh dari orang tuanya di rumah. Sikap dan perilaku yang ditampilkan guru tersebut pada dasarnya merupakan bagian dari upaya pendisiplinan siswa di sekolah. Semua bentuk ketidak disiplinan siswa di sekolah tentunya memerlukan upaya penanggulangan dan pencegahan.
Sebagai alasan penulis mengambil judul diatas adalah:
1.
Akhidah
akhlak merupakan pelajaran yang membangun karakter siswa untuk menjadi
manusia yang baik dan berakhlak budiman.
2.
Dengan
pelajaran akhidah akhlak seharusnya mampu mencetak siswa dengan kediplinan
tinggi
3.
Perlunya
siswa disiplin di sekolah maupun di luar sekolah.
4.
Dengan
pelajaran akhidah akhlak guru dapat menanamkan rasa disiplin yang baik kepada
siswa.
|
|
RUMUSAN MASALAH:
Permasalahan yang hendak diangkat dalam skripsi ini adalah:
1.
Bagaimanakah
nilai Akhidah akhlak siswa kelas V MI BAHRUL ULUM Temuroso Guntur Demak pada tahun pelajaran 2012/2013?
2.
Seberapa
besar hubungan nilai akhidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa kelas V MI
BAHRUL ULUM Temuroso Guntur Demak pada
tahun pelajaran 2012/2013?
3.
Apakah
dengan nilai akhidah akhlak yang tinggi juga diikuti dengan kedisiplinan
yangn tinggi pula pada siswa kelas V di
MI BAHRUL ULUM Temuroso Guntur
Demak pada tahun pelajaran 2012/2013?
|
|
RANCANGAN
SISTEMATIKA PEMBAHASAN SKRIPSI
|
|
BAB I : PENDAHULUAN
1.
Kajian Pustaka
2.
Kajian Teori
1.
Fokus Penelitian
2.
Pendekatan penelitian
3.
Metode Pengumpulan Data
4.
Tekhnik Analisis Data
|
|
BAB II : AKHIDAH AKHLAK DAN KEDISIPLINAN
1. Pengertian Akhidah akhlak
2. Tujuan belajar Akhidah akhlak
3. Sasaran pelajaran akhidah
akhlak
1. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa
2.
Jenis-jenis kedisiplinan
3.
Hubungan antara akhidah akhlak dengan
kediplinan
|
|
BAB
III: HUBUNGAN AKHIDAH AKHLAK TERHADAP KEDISIPLINAN
1. Akhidah akhlak mencetak siswa disiplin
2. Disiplin mencerminkan akhlak yang terpuji
|
|
BAB
IV: ANALISIS TENTANG AKHIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA
1. Sejarah berdirinya MI Bahrul
Ulum Temuroso Guntur Demak
2. Letak Geografis MI Bahrul
Ulum Temuroso Guntur Demak
3. Staf dan guru di MI Bahrul Ulum
Temuroso Guntur Demak
4. Sarana dan Prasarana MI Bahrul
Ulum Temuroso Guntur Demak
|
|
BAB V : KESIMPULAN, SARAN DAN PENUTUP
A.
Kesimpulan
B.
Saran-saran
C.
Penutup
|
|
DAFTAR PUSTAKA
|
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
|
Semarang November 2012
Hormat
Saya
Mengetahui,
Bina
Skripsi
FAUZAN
ZADA
NIM 10XXX
…………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar